Sabtu, 11 Agustus 2018

Teks Pidato tentang Narkoba: "Perangi Narkoba"

Pidato tentang Narkoba ~ Ketika kita belajar bahasa Indonesia, salah satu materi yang sering dipelajari adalah tentang pidato, baik itu tentang cara membuat pidato ataupun cara menyampaikannya. Nah, melanjutkan trace artikel sebelumnya, kali ini juga saya masih menghadirkan contoh naskah pidato yang bertemakan Narkoba. Jadikan teks pidato di bawah ini sebagai acuan saat teman-teman membuat teks pidato sendiri. Saya yakin, teks pidato buatan teman-teman jauh lebih baik dari teks pidato di bawah. Yuk, buat teks pidato sama-sama! | Catatan Siswa

Pidato, Teks Pidato, Naskah Pidato, Contoh Pidato, Pidato Singkat, Pidato tentang Narkoba, Teks Pidato tentang Narkoba, Naskah Pidato tentang Narkoba, Contoh Pidato tentang Narkoba, Pidato Singkat tentang Narkoba, Catatan Siswa.
Teks Pidato tentang Narkoba: "Perangi Narkoba" | www.catatansiswa.com

Assalamualaikum wr.wb.

Yang terhormat, Bapak Kepala Sekolah, Ibu dan Bapak Guru, serta staf administrasi. Yang dibanggakan, teman-teman pelajar SMA Negeri 1.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan, yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini, untuk melaksanakan Ujian Praktek Pidato Bahasa Indonesia. Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan sebuah pidato tentang Narkoba yang berjudul “Narkoba”.

Seperti yang kita ketahui dari berbagai media cetak / elektronik bahwa penyalahgunaan narkoba telah menjadi masalah nasional yang meresahkan. Penyalahgunaan narkoba tidak hanya berkutat pada kalangan yang berada saja, tapi sekarang sudah merangsak masuk ke kalangan pelajar, baik itu mahasiswa atau siswa ditingkat menengah pertama, menengah atas, bahkan sekolah dasar. Fakta tersebut tentu saja mengejutkan sekaligus mengkhawatirkan.

Narkoba merupakan istilah Indonesia untuk narkotika, psikotropika dan zat adiktif. Penyalahgunaan Narkoba memiliki efek merugikan yang sangat besar karena tidak hanya menyebabkan kerusakan fisik melalui gangguan kerja sistem saraf otak dan organ lain, tetapi juga menyebabkan kerusakan mental yang mempengaruhi kehidupan psikososial penggunanya.

Efek negatif penyalahgunaan narkoba, terutama di kalangan siswa adalah perubahan sikap, dan kepribadian; mengganggu proses pembelajaran; mudah tersinggung; susah berkonsentrasi dalam belajar; memicu kriminalitas; menurutnya kesehatan pribadi. Tentunya masih banyak lainnya yang menjadi efek buruk dari penyalahgunaan narkoba.

Masalah penyalahgunaan narkoba adalah masalah yang kompleks, tidak hanya tanggung jawab pemerintah dan lembaga penegak hukum, tetapi juga masalah bagi masyarakat luas, dan peran kami sebagai pelajar dalam mendukung gerakan anti-narkotika dapat kami terapkan dengan melakukan berbagai aktifitas positif.

Sekolah yang merupakan tempat mengajar dan belajar seharusnya tidak hanya fokus pada kurikulum tetapi juga dapat memberikan sosialisasi kepada siswa tentang bahaya dan konsekuensi dari penyalahgunaan narkoba baik melalui forum diskusi atau kegiatan yang telah saya sebutkan sebelumnya. Dari itu, bahaya penyalahgunaan narkoba bisa dicegar agar nantinya para pelajar tidak coba-coba untuk menggunakan narkoba.

Dengan aktifitas positif dan pemberian sosialisasi bahaya narkoba, tentunya kita berharap bahwa ancaman narkoba bisa dicegah. Selain kedua aktifitas di atas, pendidikan moral dan agama dirasa penting, sebagai benteng pertahanan agar generasi muda tidak tertarik mencoba dan menyalahgunakan narkoba.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sampaikan melalui pidato ini bisa memberikan infromasi yang bermanfaat. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Demikianlah salah satu contoh teks Pidato tentang Narkoba yang berjudul "Perangi Narkoba", semoga bisa memberikan gambaran mengenai cara menulis atau membuat pidato yang bertemakan Narkoba. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Nantikan, contoh naskah pidato lainnya hanya di Catatan Siswa.

Teks Pidato tentang Narkoba: "Perangi Narkoba" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar