Rabu, 01 Agustus 2018

Teks Pidato tentang Narkoba: "Awas Ancaman Narkoba!"

Pidato Tentang Narkoba ~ Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menghadirkan satu contoh naskah pidato singkat yang berbicara tentang narkoba. Contoh teks pidato di bawah ini dibuat untuk memberikan insight kepada para pelajar bagaimana sih pidato yang bertemakan narkoba. Tentunya, sebagai suatu contoh, diharpkan teman-teman pelajar dapat membuat teks pidato sendiri. Dan kami yakin, teman-teman dapat membuat teks pidato tentang narkoba lebih baik dari contoh di bawah. | Catatan Siswa

Pidato, Teks Pidato, Naskah Pidato, Contoh Pidato, Pidato Singkat, Pidato tentang Narkoba, Teks Pidato tentang Narkoba, Naskah Pidato tentang Narkoba, Contoh Pidato tentang Narkoba, Pidato Singkat tentang Narkoba, Catatan Siswa.
Teks Pidato tentang Narkoba: "Awas Ancaman Narkoba!" | www.catatansiswa.com

Assalamulaikum, Wr. Wb.

Kepada Kepala Sekolah Yang Terhormat, Bapak dan Ibu Guru serta Staf Administrasi yang saya hormati. Dan juga seluruh teman-teman yang saya cintai. Mari kita panjatkan puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menganugerahkan akan kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di acara ini. Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah pidato tentang Narkoba yang berjudul “Awas Ancaman Narkoba!”.

Narkoba adalah istilah Indonesia untuk zat narkotika, psikotropika, dan adiktif. Zat psikotropika yang populer disebut Ecstasy dan Shabu-shabu yang dianggap sebagai jenis favorit antara pengguna kelas menengah dan atas. Namun, untuk para pengguna kelas bawah, mereka menggunakan heroin kelas rendah atau yang disebut putaw, yang murah, banyak, tetapi berpotensi sangat mematikan. Narkoba jenis ini, banyak sekali tersebar, tidak hanya di kota-kota besar, namun sekarang sudah mencapai desa-desa, bahkan di linkungan tempat kita belajar, yaitu sekolah. Karenanya, tidak mengherankan jika pengguna narkoba terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ribuan pemuda Indonesia telah menyia-nyiakan hidup mereka karena mengkonsumsi obat-obatan terlarang tersebut. Mereka kebanyakan adalah korban dari pergaulan di lingkungan yang buruk, keluarga yang hancur. Dari ketidaktahuan, dari rasa ingin tahu atau dari para mafia narkob, mereka kemudian mencoba obat haram itu dan jatuh dalam jurang candu yang susah sekali lepas darinya.

Diperkirakan sekitar 4 juta orang di Indonesia yaitu sebanyak 50.000 orang Indonesia menggunakan atau pernah mencicipi barang terlarang tersebut. Di ibukota Jakarta, diperkirakan 3 dari 10 orang muda adalah pengguna narkoba. Parahnya lagi, data yang dikeluarkan oleh kantor Oragnisasi Buruh Internasional (ILO) menyatakan bahwa banyak pengguna narkoba di Indonesia berumur di bawah 17 tahun. 10000 siswa sekolah menengah atas diperkirakan menjadi pengguna aktif dari narkoba. Sedangkan 7000 siswa menengah pertama juga sudah mengenal zat terlarang tersebut. Dan fakta yang membuat kita terkejut adalah sekitar 800 siswa sekolah dasar pernah menggunakna zat adictif berbahaya tersebut. Fakta lainnya, jumlah tersebut setiap tahun terus meningkat.

Kita semua tahu, penggunaan narkoba biasanya ditujukan untuk orang dewasa, yang dilakukan sekedar untuk bersenang-senang atau melarikan diri dari tekanan hidup yang besar. Lalu kenapa para pelajar kita begitu akrab dengan narkoba. Fakta mengejutkan lainnya adalah, bandar-bandar besar sedang menyebarkan jariangannya di sekolah-sekolah. Mereka akan memberikan narkoba secara gratis pertamanya, lalu kemudian ketika siswa sudah kecanduan, mereka akan menjualnya dengan harga yang mahal.

Lalu bagaimana cara menghadapi narkoba setelah kita mendengar fakta-fakta mengerikan di atas. Upaya pencegahan dirasa masih ampuh untuk berperang dengan godaan-godaan mafia narkoba yang sedang membayangi lingkungan pendidikan. Dengan memberikan pendidikan tentang bahaya dan dampak negatif dari penggunaan narkoba, sejaitnya kita bisa menyelamatakan generasi muda dari menggunakan narkoba.

Tentunya, tidak hanya pihak sekolah saja yang melakukannya, tri sula pendidikan lainnya seperti keluarga dan lingkungan juga harus berperang akitf dalam mengadakan upaya pencegahan tersebut. Mari kita berkompetisi untuk menghindari diri kita dari belenggu barang haram dengan menjauhkan diri kita, keluarga dan lingkungan dari narkoba.

Begitulah pidato yang bisa saya sampaikan, jika ada kesalahan dalam berbicara, saya minta maaf. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Demikianlah Teks Singkat Pidato tentang Narkoba, semoga contoh naskah pidato di atas bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Apabila ada kesalahan baik berupa penulisan maupun isi pidato, silahkan beri kritik dan saran melalui kolom komentar agar nantinya bisa kami perbaiki. Terima kasih banyak.

Teks Pidato tentang Narkoba: "Awas Ancaman Narkoba!" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar