Selasa, 17 Juli 2018

Penjelasan 4 Prinsip Geografi: Penyebaran, Interelasi, Deskripsi, & Korologi

Prinsip Prinsip Geografi ~ Prinsip merupakan dasar sebagai landasan untuk menjelaskan suatu fenomena, berfungsi sebagai pedoman untuk memahami fenomena tersebut. Terdapat 4 prinsip dalam geografi, yaitu prinsip penyebaran, prinsip interelasi, prinsip deskripsi dan prinsip korologi. | Catatan Siswa

Prinsip Geografi, Penjelasan Prinsip Geografi, Apa Saja Prinsip Geografi, Prinsip Penyebaran, Prinsip Interelasi, Prinsip Deskripsi, Prinsip Korologi.
Penjelasan 4 Prinsip Geografi: Penyebaran, Interelasi, Deskripsi, & Korologi | www.catatansiswa.com

1. Prinsip Penyebaran

Fenomena yang terdapat pada geosfer, baik terkait dengan unsur fisik maupun manusia tersebar di permukaan bumi. Penyebaran fenomena tersebut tidak merata, masing-masih wilayah memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Sumberdaya alam, seperti kekayaan bahan tambang, kesuburan tanah, flora, fauna, dan fenomena-fenomena yang lain tersebar secara tidak merata di permukaan bumi.

BACA JUGA:
1. Pengertian Geografi
2. Konsep Dasar Geografi

2. Prinsip Interelasi

Fenomena yang terjadi di permukaan bumi, baik terkait dengan unsur fisik maupun manusia terdapat keterkaitan antara satu dengan yang lain. Tidak ada suatu fenomena di permukaan bumi yang berdiri sendiri. Keterkaitan bisa antara unsur fisik satu dengan unsur fisik yang lain, unsur fisik dengan manusia atau antara manusia dengan manusia.

Keterkaitan antara unsur fisik dengan fisik yang lain, misalnya terjadinya tanah longsor di suatu wilayah yang disebabkan oleh tingkat kemiringan lereng yang curam, terdapat lapisan tanah yang berada diatas batuan yang licin sebagai bidang luncur, dan terjadinya curah hujan yang deras dengan durasi waktu yang lama.

Sementara itu terjadinya banjir di suatu wilayah dapat terjadi bukan hanya karena curah hujan yang tinggi, tetapi juga bisa disebabkan oleh ulah manusia yang menggunduli hutan di wilayah hulu.

3. Prinsip Deskripsi

Fenomena geosfer yang tersebar di permukaan bumi dan adanya interelasi diantara fenomena-fenomena yang ada, geografi bertugas untuk mendeskripsikan halhal tersebut. Suatu fenomena dideskripsikan secara jelas melalui tulisan, tabel, gambar, peta, grafik, dan lain-lain dengan penjelasan baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

BACA JUGA:
1. Objek Studi Geografi
2. Pendekatan Geografi

4. Prinsip Korologi

Prinsip Korologi merupakan gabungan atau perpaduan dari ketiga prinsip diatas. Dalam prinsip ini gejala dan permasalahan geografi dianalisis persebarannya, interaksi dan interelasinya dari berbagai aspek yang mempengaruhinya. Prinsip korologi, merupakan prinsip geografi yang komprehensip, karena memadukan prinsip-prinsip lainnya. Prinsip ini merupakan ciri dari geografi modern.

Prinsip korologi merupakan gabungan atau keterpaduan antara prinsip penyebaran, interelasi dan deskripsi. Fenomena geosfer dikaji penyebarannya, interelasinya, dan interaksinya dari berbagai aspek yang mempengaruhinya. Prinsip korologi merupakan prinsip yang komprehensif dalam menjelaskan fenomena geosfer di suatu wilayah.

Itulah ke-4 Prinsip Geografi yang mencakup prinsip penyebaran, prinsip interelasi, prinsip deskripsi dan prinsip korologi. Prinsip-prinsip geografi tersebut digunakan untuk sebagai pedoman untuk menjelaskan fenomena geografi yang begitu beragam. Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas.

Penjelasan 4 Prinsip Geografi: Penyebaran, Interelasi, Deskripsi, & Korologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar