Selasa, 10 Juli 2018

Manfaat dari Lapisan Atmosfer

Manfaat Atmosfer ~ Atmosfer merupakan unsur kehidupan yang bertanggung jawab untuk menciptakan kondisi yang sesuai dengan keberadaan biosfer yang sehat di planet ini. Beban polutan yang dibuang di udara juga diencerkan, dimodifikasi secara kimia dan akhirnya dibawa kembali ke permukaan bumi untuk dieliminasi. Peran atmosfer dalam pemeliharaan biosfer dalam keadaan sehat dapat disimpulkan sebagai berikut: | Catatan Siswa

Atmosfer, Pengertian Atmosfer, Lapisan Lapisan Atmosfer, Pengaruh Atmosfer, Manfaat Atmosfer, Lapisan Ozon, Gas Rumah Kaca.
Manfaat Manfaat Atmosfer | www.catatansiswa.com

1. Gas Rumah Kaca

Gas rumah kaca bermanfaat untuk menjaga agar suhu di permukaan bumi tetap rendah dan stabil. Hal ini dikarenakan karena karakteristik gas-gas ini yang transparan terhadap radiasi cahaya gelombang pendek yang berasal dari Matahari dan menyerap radiasi termal (gelombang panjang) agar tidak menyebar ke permukaan bumi. Sebagai panel di rumah kaca, mereka membiarkan masuknya radiasi sinar matahari namun mencegat radiasi termal yang kembali dari permukaan bumi, sehingga menjaga suhu tinggi di atmosfer yang lebih rendah. Intinya, gas rumah kaca mengatur suhu bumi. Kehadiran gas ini mampu menyerap radiasi gelombang panjang bertanggung jawab untuk menjaga suhu di bumi terjaga dan memungkinkan terjadinya kehidupan. Di bulan misalnya, tidak memiliki atmosfer. Pada ekuatornya, suhu permukaan naik sampai 101 ° C pada siang hari. Di malam hari mereka turun ke -180 ° C. Tidak ada kehidupan yang bisa bertahan pada suhu ini. Fenomena disaringnya sinar matahari, dan dijaganya 

2. Ozon
Atmosfer melindungi Bumi dari radiasi matahari yang berbahaya dan mengatur pemanasan yang disediakan oleh Matahari. Manfaat tersebut adalah efek dari adanya lapisan ozon yang ada di stratosfer. Ozon yang terakumulasi di stratosfer merupakan unsur yang sangat penting untuk kelangsungan hidup di Bumi karena ini merupakan semacam lapisan alami untuk menangkal radiasi matahari yang tidak terlihat oleh manusia dan berada di wilayah ultraviolet (frekuensi dari 100 sampai 400 nm). Jika radiasi ini mencapai tanah, mereka akan menyebabkan mutasi genetik, tumor kulit dan banyak kerusakan pada flora dan fauna lainnya. Selain itu, ozon stratosfer memainkan peran mendasar untuk pembentukan awan dan hujan saat memanas dan menghalangi menguapnya air di lapisan bawah atmosfer ke luar angkasa. 

Demikianlah beberapa Manfaat Atmosfer yang kita dapatkan di bumi kita. Tentunya, setelah kita mengetahui betapa pentingnya keberadaan atmosfer di bumi ini, kita sudah semestinya untuk menjaga keberadaanya tetap baik sehingga hal-hal buruk tidak terjadi menimpa kita dan semua makhluk hidup di bumi. Salah satu tindakan sederhana untuk menyelamatkan atmosfer adalah dengan mengurangi emisi gas karbonmonoksida (Co2) ke udara. Yuk, mari kita jaga bumi ini.

Manfaat dari Lapisan Atmosfer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar