Selasa, 10 Juli 2018

9 Keajaiban yang Terjadi di Alam Semesta

Keajaiban Alam Semesta ~ Alam Semesta kita itu sangat luas dan tak terbatas. Penemuan-penemuan baru yang dilakukan oleh para peneliti menguak sedikit demi sedikit fakta-fakta tentang alam semesta. Fakta-fakta tersebut begitu unik sehingga pada kesempatan kali ini Catatan Siswa akan menghadirkan 9 keajaiban yang terjadi di Alam Semesta. | Catan Siswa

Alam Semesta, Asal Usul Alam Semesta, Teori Alam Semesta, Keajaiban Alam Semesta.
9 Keajaiban yang Terjadi di Alam Semesta | www.catatansiswa.com

Bahkan Saat Kamu Diam, Kamu Masih Bergerak

Tubuh manusia, atau benda apa pun di Bumi, tidak pernah diam. Bahkan saat kamu tidur di tempat tidur, kamu bergerak cukup cepat. Galaksi Bima Sakti kita berputar pada kecepatan 225 kilometer per detik, dan terlempar melalui kosmos pada kecepatan 305 kilometer per detik. Jika ditambahkan, kita melintasi ruang angkasa sekitar 530 kilometer per detik. Jadi dalam satu menit, kamu telah menempuh perjalanan hampir 20.000 kilometer. Dan teman kamu masih saja mengeluh bahwa kamu tidak pernah pergi kemana-mana. Haduhhh..

Ada Sedikitnya 10 Miliar Triliun Bintang di Alam Semesta

Itu angka yang sangat besar. Bila kamu benar-benar memikirkannya, 10 miliar triliun bintang dan matahari kita merupakan salah satu dari bintang-bintang tersebut.
Kita ambil saja terdapat 10 miliar triliun di alam semesta ini. Bagi kamu yang tahu sedikit soal matematika, itu berarti 10 dengan pangkat 22, atau dituliskan dengan 10.000.000.000.000.000.000.000. Mungkin ada lebih banyak bintang yang ada daripada butiran pasir di semua pantai di dunia. Jika hanya 1% dari bintang-bintang tersebut memiliki planet mirip Bumi, alam semesta akan benar-benar penuh dengan kehidupan.

Sebuah Asteroid Akan Menabarak Bumi di 2029

Kesempatan terbesar sejauh ini, menurut para astronom, sebuah asteroid besar akan bertabrakan dengan bumi pada tahun 2029. Asteroid pernah menabarak planet kita sebelumnya yang menyebabkan kepunahan massal di zaman dinosaurus. Nah, kemungkinan, Asteroid Apophis (99942 Apophis), yang menuju ke arah kita pada tahun 2029, sedikitnya memiliki kemungkinan 3% akan menabarak planet kita, bumi. Mari berdoa saja semoga Apophis tidak menabarak bumi, ada banyak kan diantara kita yang masih jomblo.

Bintang Neutron Sangat, Sangat Berat

Apa sebenarnya bintang neutron itu, kamu mungkin bertanya-tanya? Nah, bintang neutron adalah objek terpadat yang dikenal di alam semesta. Mereka diciptakan di dalam bintang-bintang besar selama ledakan supernova. Ketika inti bintang runtuh, pasangan elektron dan proton hancur menjadi neutron. Walaupun bintang neutron berdiameter sekitar 10-13 milimeter, bintang ini lebih berat dari bintang-bintang yang lain. Bayangkan saja, dengan ukuran yang sekecil itu berat bintang neutron bisa menapai 100 juta ton. 

Manusia Terbuat dari Bintang

Manusia secara harfiah terbuat dari bahan-bahan penyusun bintang. Hampir semua unsur kimia yang membentuk manusia berasal dari bintang. Setiap unsur yang lebih berat dari hidrogen berasal dari bintang-bintang; kalsium, karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen dan sekitar 60 bahan dasar lainnya membentuk manusia. 

Satu Juta Bumi Bisa Masuk di Dalam Matahari

Meskipun ada banyak bintang di luar sana, tidak ada yang lebih penting bagi kita dibanding matahari kita sendiri. Bila dibandingkan dengan bintang lainnya, matahari terbilang kecil, tergolong bintang kerdil G2. Tapi bukan berarti kita harus mengeluh. Sekitar satu juta Bumi bisa muat di dalam matahari. 

Gunung Terbesar di Tata Surya Kita Ada di Mars

Maaf Gunung Everest, kamu bukan raja gunung di tata surya. Kehormatan itu milik Olympus Mons, sebuah gunung besar yang ada di tetangga planet kita, Mars. Olympus Mons adalah gundukan raksasa dari tanah dan batu merah. Raksasa vulkanik ini tingginya 2.400 meter, yang membuatnya tingginya hampir mencapai 15 mil. Everest hanyalah kurcaci belaka.

Galaksi Kita (Galaksi Bima Sakti) Akan Bertabrakan dengan Galaksi Andromeda

Galaksi Bima Sakti, yang berarti galaksi kita sendiri, akan bertabrakan dengan tetangga terdekat kita, Galaksi Andromeda. Meskipun kedua galaksi ini ditakdirkan untuk bertabrakan, hal tersebut jangan membuat kamu stress atau tertekan. Dampak dari tabrakan tersebut akan terjadi 3 miliar tahun lagi. Kemungkinan kamu masih ada pada tahun-tahaun itu mungkin sangat tipis sekali.

Bumi Berumur Miliaran Tahun

Planet kita sudah ada sejak lama. Sudah sekitar 4,54 miliar tahun. Kehidupan mungkin baru ada di planet bumi baru sebentar, kehidupan dari yang merangkak, meluncur, berenang dan berjalan yang ada di planet ini cukup spektakuler - mulai dari organisme bersel tunggal, hingga hiu raksasa dan ular, sampai dinosaurus, dan mamalia. Jika komet itu tidak datang pada tahun 2029 mudah-mudahan kita akan berkembang di planet ini untuk waktu yang lama.

Demikianlah ke-9 Keajaiban yang terjadi di Alam Semesta kita. Semoga bacaan ringat di atas bisa memberi manfaat dan pengatahuan baru untuk kita semua. Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca.

9 Keajaiban yang Terjadi di Alam Semesta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar