Sabtu, 17 Februari 2018

Pengertian Zaman Praaksara / Prasejarah

Apa itu Zaman Praaksara? | Waruga merupakan kubur batu peninggalan zaman Praaksara. Apakah zaman Praaksara identik dengan zaman batu? Masyarakat sering terjebak dengan pengertian Praaksara. Banyak orang berpendapat bahwa zaman Praaksara identik dengan sebuah aasa yang lekat dengan peralatan batu. Pendapat ini tentu saja tidak benar. Meskipun masih berada dalam tingkat hidup yang sederhana, manusia pada zaman Praaksara telah mampu menghasilkan berbagai benda kebudayaan selain batu seperti logam dan gerabah.

Peralatan gerabah saat ini masih dapat kita temui di berbagai daerah. Ada keuinkan tersendiri dalam tradisi pembuatan gerabah Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Perajin masih mempergunakan cara-cara lama, baik menyangkut alat-alat yang digunakan, proses pembuatan, dan cara-cara pembakarannya. Fungsi gerabah yang sekarang maish mempunyai kesamaan dengan fungsi gerabah pada zaman Praaksara yaitu sebagai benda praktis dan benda religius. Para ahli memperkirakan bahwa tradisi pembuatan gerabah Bayat merupakan unsur kebudayaan Praaksara yang masih tetap berlangsung hingga saat ini. Tradisi ini mengakar dalam kehidupan masyarakat, berlangsung dari generasi ke genari hingga kini.

Kemampuan membuat gerabah tidak mereka peroleh dengan membaca buku panduan, tetapi melalui pengalaman belajar. Mereka melihat, mengamati, meniru, kemudian membuat peralatan tersebut. Kemampuan ini menunjukkan bahwa meskipun manusia belum mampu membaca atau menulis, mereka juga memiliki kebudayaan. Kebudayaan tersebut diperoleh secara lisan, melalui pengamatan atau berdasarkan pengalaman. Itulah yang dialami manusia pada zaman Praaksara. Apakah yang dimaksud dengan zaman praaksara? Nah berikut adalah pengertiannya. | Catatan Siswa

Pengertian Zaman Praaksara, Definisi Zaman Praaksara, Apa itu Zaman Praaksara, Arti Zaman Praaksara, Pengertian Zaman Prasejarah, Definisi Zaman Prasejarah, Apa itu Zaman Prasejarah, Arti Zaman Prasejarah.
Pengertian Zaman Praaksara / Prasejarah ~ www.catatansiswa.com

Pengertian Zaman Praaksara

Manusia pada zaman Praaksara belum mengenal tulisan. Apa yang dimaksud dengan zaman Praaksara? Praaksara berasal dari kata 'pra' yang berati sebelum dan 'aksara' yang berarti tulisan. Jadi zaman Praaksara berarti zaman ketika manusia belum mengenal tulisan. Dalam bahasa Inggris, zaman praaksari disebut 'prehistory'. Prehistory berasal dari kata 'pre' yang berarti sebelum, dan 'history' yang berarti sejarah. Jadi prehistory berarti zaman sejarah yang kemduian dikenal dengan nama zaman prasejarah. zaman Praaksara disebut juga zaman 'nirleka'. Nirleka berasal dari kata 'nir' yang berarti tanpa/tidak dan 'leka' yang berarti tulisan. Jadi zaman nirleka berarti zaman ketika manusia tidak atau belum mengenal tulisan.

Pada perkembangannya, sejarawan lebih menggunakan istilah praaksara daripada prasejarah. Penggunaan istilah prasejarah untuk menggambarkan perkembangan kehidupan dan budaya manusia saat  belum mengenal tulisan dinilai kurang tepat. zaman prasejarah dapat diartikan sebagai zaman sebelum ada sejarah. Sebelum ada sejarah berarti sebelum ada aktivitas kehidupan. Oleh karena itu, para ahli memopulerkan untuk menggantikan istilah prasejarah dengan praaksara.

Kapan zaman praaksara di mulai? Sejarawan menjelaskan bahwa zaman praaksara dimulai sejak manusia itu sendiri ada dibumi. Sampai sekarang para ahli belum dapat secara pasti menunjuk waktu yang tepat sebagai awal keberadaan manusia di bumi. Kapan zaman praaksara  berakhir? zaman praaksara  berakhir setelah manusia mulai mengenal tulisan. Berakhirnya zaman praaksara  di tiap-tiap tempat tentu berbeda. Sebagai contoh, bangsa Mesir dan Mesopotamia mengakhiri zaman praaksara dan mengenal tulisan sekira abad V-III sebelum masehi. Adapun manusia di Indonesia memasuki zaman aksara sekitar abad IV-V Masehi. Bukti berakhirnya zaman praaksara yaitu penemuan Yupa peninggalan Kerajaan Kutai.

Bagaimana kita mempelajari kehidupan pada zaman praaksara? Dalam mempelajari kehidupan pada zaman praaksara sejarawan memerlukan bantuan ilmu lain seperti arkeologi, geologi, dan biologi. Penelitian kehidupan zaman praaksara dapat dimulai dari rekonstruksi terhadap fosil-fosil yang digali oleh para arkeolog. Selain fosil, arekolog juga mempelajari artefak, yaitu alat-alat yang dibuat dan digunakan manusia purba sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Artefak biasanya terbuat dari batu, tulang, duri ikan, tanah liat, dan logam.

Demikianlah pemaparan tentang Pengertian Zaman Praaksara, semoga dari penjelasan di atas kita tambah mengerti tentang apa itu zaman praaksara atau zaman prasejarah. Jadikan catatan di atas sebagai media belajar teman-teman dalam membantu memperkaya informasi berkaitan mata pelajaran terkait. Terima kasih.

Pengertian Zaman Praaksara / Prasejarah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar