Selasa, 27 Februari 2018

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah (Sejarawan)

Pengertian Sejarah ~ Definisi adalah pernyataan secara eksplisit tentang konotasi suatu istilah. Konotasi itu sendiri atas atribut-atribut pokok dari istilah itu. Jadi, definisi adalah pernyataan secara eksplisit tentang atribut itu. Biasanya setiap pengantar dalam ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri dikemukakan terlebih dahulu batasan atau definisinya, sebelum membicarakan pokok-pokok persoalan yang tercakup dalam bidang ilmu tersebut. Ringkasannya dapatlah kita ambil kesimpulan, bahwa batasan atau definisi ialah suatu pernyataan tentang sistem pemikiran yang teratur dalam taraf keilmuan. | Catatan Siswa

Pengertian Sejarah, Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Pengertian Sejarah Secara Umum, Pengertian Sejarah Menurut Bahasa, Sejarah Sebagai Ilmu, Ciri-ciri Sejarah Sebagai Ilmu, Arti Sejarah, Apa yang dimaksud dengan sejarah.
Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah (Sejarawan) | Catatan Siswa

Bagaimana definisi sejarah itu?

Kalau kita pelajari buku-buku tentang sejarah, ternyata kita dapat bermacam-macam definisi sejarah. Baik persoalan mengenai kedudukannya, apakah termasuk ilmu, seni, maupun masalah isi dan luasnya, serta segala persoalan yang timbul tentang arti makna dan hakikat yang terkandung di dalam sejarah. Meskipun pada garis besarnya definisi-definisi itu terdapat persamaan pengertian, yakni sejarah dalam membicarakan kejadian-kejadian pada manusia pada masa lalu, namun tidak sedikit pula terdapat perbedaan-perbedaannya. Hal ini disebabkan karena luasnya bidang ilmu sejarah, tekanan (stressing) yang diberikan dari bagian definisi itu, juga tergantung dari sudut masa sejarah itu ditinjau. Akibatnya ialah timbulnya spesialisasi dari disiplin sejarah yang berupa cabang-cabang atau ranting-ranting yang lebih khusus.

BACA JUGA: Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

Definisi sejarah menurut Edward Hallet Carr ialah sebagai berikut. "History is a continuous process of interaction between the historian and his facts, an unending dialogue between the present and the past." (Sejarah ialah suatu proses interaksi serba terus antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada padanya; suatu dialog tiada henti-hentinya antara masa sekarang dengan masa silam).

Sedangkan menurut Robert V. Daniels dengan singkat dikatakan, bahwa: “History is the memory of human group experience." (Sejarah ialah kenangan pengalaman umat manusia). Dalam pada itu James Banks menyatakan bahwa "All past event is history (History as actuality!). History can help students to understand human behaviour in the past, present and future. (New goals for historical studies).” Artinya, bahwa semua peristiwa masa yang lampau adalah sejarah (sejarah sebagai kenyataan!). Sejarah dapat membantu para siswa untuk memahami perilaku manusia pada masa yang lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang (tujuan-tujuan baru pendidikan sejarah).

Selanjutnya dapatlah kita telaah rumusan sejarah menurut Muhammad Yamin yang berbunyi sebagai berikut. "Sejarah ialah ilmu pengetahuan dengan umumnya yang berhubungan dengan cerita bertarikh sebagai hasil penafsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang lampau, yaitu susunan hasil penyelidikan bahan-bahan tulisan atau tandatanda yang lain.

BACA JUGA: Ciri-ciri Sejarah sebagai Ilmu

Dari uraian yang panjang tentang arti kata dan istilah sejarah dapatlah kita ambil intisari maknanya bahwa Sejarah Adalah suatu pengetahuan tentang peristiwa yang terjadi dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau sesuai dengan rangkaian kausalitasnya serta proses perkembangannya dalam segala aspeknya yang berguna sebagai pengalaman untuk dijadikan pedoman kehidupan manusia masa sekarang serta arah citacita pada masa yang akan datang.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah (Sejarawan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar