Minggu, 25 Februari 2018

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa / Terminologi

Pengertian Sejarah ~ Perkataan sejarah mula-mula berasal dari bahasa Arab “syajara”, artinya terjadi, “syajaratun” (baca: syajarah) artinya pohon kayu. Pohon menggambarkan pertumbuhan terus-menerus dari bumi ke udara dengan mempunyai cabang, dahan dan daun, kembang atau bunga serta buahnya. Memang di dalam kata sejarah itu tersimpan makna pertumbuhan atau kejadian (Yamin, 1958: 4). | Catatan Siswa

Pengertian Sejarah, Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Pengertian Sejarah Secara Umum, Pengertian Sejarah Menurut Bahasa, Sejarah Sebagai Ilmu, Ciri-ciri Sejarah Sebagai Ilmu, Arti Sejarah, Apa yang dimaksud dengan sejarah.
Pengertian Sejarah Menurut Bahasa / Terminologi | www.catatansiswa.com

Begitulah sejarah yang berarti pohon, juga berarti keturunan, asal-usul atau silsilah. Orang yang sudah lama berhubungan dengan ilmu sejarah, termasuk mereka yang mempelajarinya dengan agak mendalam, arti kata syajarah tidak sama dengan kata sejarah, akan tetapi kedua perkataan itu berhubungan satu dengan yang lain.

BACA JUGA: Pengertian Sejarah menurut Para Ahli

Sejarah bukan hanya berarti pohon, dalam arti “pohon keluarga" juga tidak hanya berarti keturunan, asal-usul dan silsilah. Walaupun demikian, kalau kita mempelajari sejarah, sekurang-kurangnya kita tentu mempelajari keturunan, asal-usul dan silsilah (syajarah an-nasab).

Perkataan sejarah dalam bahasa Belanda ialah "geshciedenis" (dari kata geschieden terjadi), dalam bahasa Jerman “geschichte" (dari kata geschehen terjadi). Sedangkan dalam bahasa Inggris ialah "history" (berasal dari bahasa Yunani “historia” = apa yang diketahui karena penyelidikan) sehingga hampir berarti "ilmu pengetahuan". Jadi, berhubungan dengan segala macam peristiwa yang terjadi dalam masyarakat manusia.

Pembatasan ini pun terasa masih luas sekali meliputi seluruh kehidupan manusia. Memang sesungguhnya sejarah mencakup setiap bidang yang tidak terbatas. Namun demikian dapatlah kiranya pembatasan kata manusia itu cukup menjadi pusat penelitian atau studi. Jadi bukannya kita membicarakan semua makhluk hidup, termasuk hewan dan tumbuhan, demikian pula bukan membicarakan tentang alam raya dengan segala isinya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai perkataan sejarah ditinjau dari segi etimologi atau asal kata. Namun arti dari semua kata tersebut di atas jelas tak satupun yang mendekati apa yang kita maksudkan dengan kata “sejarah” dewasa ini.

Kebanyakan buku yang mengungkapkan arti istilah sejarah menyatakan bahwa arti istilah “sejarah” tergantung pada pemikiran barat. Kata Inggris history (sejarah) berasal dari kata benda dalam bahasa Yunani Kuno historia (baca: istoria) yang kurang lebih berarti “belajar" dengan cara “bertanyatanya". Dalam penggunaannya oleh filsuf Yunani Aristoteles, historia berarti pertelaan sistematis mengenai seperangkat gejala alam, tanpa mempersoalkan susunan kronologis

BACA JUGA: Ciri Ciri Sejarah sebagai Ilmu

Dari penelusuran kata-kata dari arti kata sejarah tersebut dapatlah kita simpulkan bahwa kata sejarah dipergunakan sebagai perkataan dalam bahasa kita sehari-hari dan istilah ilmu pengetahuan. Sejarah berarti cerita atau kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi atau berlangsung pada waktu yang lalu.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Sejarah Menurut Bahasa, semoga apa yang dijelaskan di atas mudah diterima dan dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai pengertian sejarah. Terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca di blog kami.

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa / Terminologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar