Sabtu, 24 Februari 2018

Letak dan Wilayah Kekuasaan Kerajaan Kutai

Letak Kerajaan Kutai terletak di hulu sungai Mahakam, Kalimantan Timur yang merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Penemuan tujuh buah batu tulis yang disebut Yupa yang ditulis dalam bahasa Pallawa dan Sanskerta diperkirakan berasal dari tahun 400 M (abad ke-5). Dan dari prasasti yupa tersebut para ahli menarik kesimpulan bahwa Kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang bercorak Hindu tertua yang pernah ada di Nusantara. | Catatan Siswa

Kerajaan Kutai, Sejarah Kerajaan Kutai, Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap, Pendiri Kerajaan Kutai, Yupa Kerajaan Kutai, Raja-raja Kerajaan Kutai, Letak Kerajaan Kutai, Wilayah Kekuasaan Kerajaan Kutai, Politik Kerajaan Kutai.
Letak dan Wilayah Kekuasaan Kerajaan Kutai | www.catatansiswa.com

Tidak banyak informasi yang bisa digali untuk menjelaskan dan mendeskripsikan Kerajaan Kutai. Satu-satunya informasi yang didapat adalah berupa 7 buah prasasti tugu batu, yang disebut Yupa. Penggunaan nama Kerajaan Kutai sendiri ditentukan oleh sejarawan dengan mengambil nama tempat prasasti Yupa ditemukan. Yupa adalah monumen batu yang berfungsi sebagai peringatan yang dibuat oleh para Brahmana atas kemurahan hati Raja Mulawarman. Ada tertulis bahwa Raja Mulawarman, Raja yang baik dan kuat yang merupakan putra Aswawarman dan cucu Raja Kudungga, telah memberi 20.000 sapi kepada para Brahmana.
Yupa adalah salah satu bukti sejarah Kerajaan Kutai yang tertua. Dari prasasti ini diketahui tentang keberadaan Kerajaan Kutai di Kalimantan. Dalam prasasti ini ada tulisan-tulisan yang menggunakan bahasa Sanskerta dan juga huruf / huruf Pallawa. Dari prasasti Yupa tersebut, para ahli sejarah mengungkapkan dan bisa menarik kesimpulan tentang Kerajaan Kutai yang mencakup letak, wilayah kekuasaan, kehidupan politik, sosial dan budayanya. Dari prasasti Yupa, diketahui bahwa Kerajaan Kutai terletak di Muara Kaman, di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Dari prasasti tersebut juga bisa disimpulkan bahwa kehiudupan politik tentang raja-raja yang memerintah Kerajaan Kutai. Dari segi sosial dan buday, bisa disimpulkan bahwa masyarakat Kutai saat itu bercorak agraris dan sangat menghormati raja dan kaum brahmana.

Dari Yupa, tugu batu bertuliskan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta tersebut disebutkan raja atau pemimpin pertama Kerajaan Kutai. Para ahli sejarah banyak meyakini bahwa pendiri Kerajaan Kutai waktu itu pengaruh Hindu baru masuk. Hal tersebut disimpulkan dari nama raja pertama Kerajaan Kutai yang bernama Kudungga. Kudungga merupakan nama asli Indonesia. Hal tersebut diperkuat dengan tercantumnya nama raja kedua (anak Kudungga) Kerajaan Kutai, yaitu Aswawarman, dan raja-raja Kutai yang mempunyai kesamaan akhiran 'warman'. Diketahui kata 'warman' merupakan kata yang berasal dari bahasa Sanskerta.
Dipercaya dan percaya bahwa kerajaan Kutai memiliki kekuasan wilayah yang cukup luas, setidaknya terdapat tiga kabupaten yang dulunya adalah kekuasaan kerajaan Kutai. Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Kutai Timur. Semua ini masuk ke satu provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Timur. 

Demikianlah penjelasan mengenai Lokasi dan Wilayah Kerajaan Kutai, semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat. Apabila ada kesalahan terkait penjelasan di atas, saya kira kritik dan saran dari pembaca sekalian akan sangat membantu untuk mewujudkan artikel yang berkualitas. Terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca artikel di atas. Nantika artikel-artikel selanjutnya.

Letak dan Wilayah Kekuasaan Kerajaan Kutai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar