Sabtu, 24 Februari 2018

Daftar Raja-raja Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai ~ Didirikan sekitar abad ke-4 Masehi, Kerajaan Kutai merupakan salah satu kerajaan Hindu tertua yang pernah ada di Nusantara. Dimanakah lokasi Kerajaan Kutai? Menurut para ahli sejarah, Kerajaan Kutai terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur atau tepatnya di atas sungai Mahakam. Kudungga merupakan raja pertama yang memerintah Kerajaan Kutai. Para sejarawan berpendapat bahwa nama kudunggu merupakan naman asli bangsa Indonesia yang berlum mendapat pengaruh dari budaya India melalui agama Hindu. Nama-nama raja yang memerintah Kerajaan Kutai seperti Aswawarman, diyakini oleh para sejarawan telah dipengaruhi oleh budaya Hindu. Kata 'warman' merupakan kata yang berasal dari bahasa Sansekerta yang menurut para ahli sejarah digunakan untuk nama akhiran orang-orang India Selatan. | Catatan Siswa

Kerajaan Kutai, Sejarah Kerajaan Kutai, Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap, Raja-raja Kerajaan Kutai, Letak Kerajaan Kutai, Lokasi Kerajaan Kutai, Wilayah Kekuasaan Kerajaan Kutai, Yupa Kerajaan Kutai, Keadaan Politik Kerajaan Kutai.
Daftar Raja-raja Kerajaan Kutai | www.catatansiswa.com

Bahasa Sanskerta sendiri merupakan bahasa bahasa Indo-Eropa tertua yang masih dikenal saat ini dan juga memiliki sejarah panjang. Menurut para ahli sejarah, pemberian nama Kutai diambil dari tempat ditemukannya prasasti yang menyiratkan informasi keberadaan kerajaan. Namun, terdapat beberapa perkiraan empiris tentang kata kutai itu sendiri.

Beberapa menduga bahwa kata kutai sesuai dengan berita China, "khothay" yang 'kho' berarti 'kerajaan' dan 'thay' berarti 'besar'. Hipotesis ini cukup rasional mengingat pada saat itu banyak orang menempati daerah tersebut dan menjalin hubungan perdagangan internasional termasuk dengan orang Tionghoa.

BACA JUGA: Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap

Terdapat juga pendapat lain dari beberapa ahli yang mengemukakan asal usul nama kutai adalah dari kata 'quettaire' yang memiliki arti hutan rimba. Namun, peneliti lebih cenderung ke India karena pengaruh budaya India lebih terlihat dalam banyak hal, misalnya huruf Pallawa dan Sanskerta.

Memang tidak ada prasasti yang menjelaskan secara rinci tentang hal di atas. Sampai sekarang, terlalu sedikit bukti yang ditemukan untuk melacak kerajaan Kutai ini.

Padahal, kerajaan Kutai sendiri memang dikenal karena keberadaannya berkat ditemukannya yupa prasasti berjumlah tujuh buah. Salah satunya menggunakan huruf Pallava dan Sanskerta yang menyatakan bahwa kerajaan Kutai kemudian diperintah oleh Mulawarman. Salah satu Yupa yang ditemukan menyebutkan bahwa Mulawarman telah menyumbahkan sekitar 20.000 ekor sapi kepada kaum brahmana. Atas dasar kedermawannya tersebut, nama Mulawarman diabadikan kedalam Yupa. Mulawarman diduga adalah cucu Kudungga atau putra Aswawarman. Kedua nama keturunan Kudungga sangat terlihat dipengaruhi oleh budaya India.

Raja pertama yang pertama kali memerintah Kerajaan Kutai diduga adalah Kudungga. Akan tetapi, jika diperhatikan dengan teliti, nama Kudungga berbeda dengan naman-nama raja lain yang memerintah kerajaan Kutai. Nama Kudungga yang masih bernuansa lokal, sejarawan berasumsi bahwa pada saat dia mulai berkuasa pengaruh Hindu baru saja masuk nusantara.

BACA JUGA: Letak & Wilayah Kekuasaan Kerajaan Kutai

Diperkirakan, Kudungga merupakan kepala suku pada awalnya. Penduduk atau masyarakat yang diperintah oleh Kudungga saat itu mendapat pengaruh dari agama Hindu yang masuk dimana Kudungga merubah sistem kepemerintahannya dari yang dulu bersiste suku ke sistem kerajaan. Hal itu otomatis membuat Kudungga merubah nama keplasuku menjadi raja.

Berikut ini adalah daftar raja yang telah memimpin Kutai, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Kudungga, gelar anumerta Dewawarman (pendiri)
  2. Aswawarman (putra Kundungga)
  3. Mulawarman (putra Aswawarman)
  4. Marawijaya Warman
  5. Gajayana Warman
  6. Tungga Warman
  7. Jayanaga Warman
  8. Nalasinga Warman
  9. Nala Parana Tungga
  10. Gadingga Warman Dewa
  11. Indra Warman Dewa
  12. Sangga Warman Dewa
  13. Candrawarman
  14. Sri Langka Dewa
  15. Untuk Parana Dewa
  16. Wijaya Warman
  17. Sri Aji Dewa
  18. Mulia Putera
  19. Nala Pandita
  20. Indra Paruta Dewa
  21. Dharma Setia

Demikianlah penjelasan dan daftar Raja Raja Kerajaan Kutai, semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Ayo pelajari sejarah, agar kita tidak lupa tentang jati diri kita sebagai bangas Indonesia.

Daftar Raja-raja Kerajaan Kutai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar