Selasa, 27 Februari 2018

5 Ciri Ciri Sejarah Sebagai Ilmu

Pengertian Sejarah ~ Sejarah sebagai ilmu suatu susunan pengetahuan (a body of knowledge) tentang peristiwa dan cerita yang terjadi dalam masyarakat manusia pada masa lampau yang disusun secara sistematis dan metodis berdasarkan asasasas, prosedur dan metode serta teknik ilmiah yang diakui oleh para pakar sejarah. Sejarah sebagai ilmu mempelajari sejarah sebagai aktualitas dan mengadakan penelitian serta pengkajian tentang peristiwa dan cerita sejarah. | Catatan Siswa

Pengertian Sejarah, Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Pengertian Sejarah Secara Umum, Pengertian Sejarah Menurut Bahasa, Sejarah Sebagai Ilmu, Ciri-ciri Sejarah Sebagai Ilmu, Arti Sejarah, Apa yang dimaksud dengan sejarah.
5 Ciri Ciri Sejarah Sebagai Ilmu | www.catatansiswa.com

Sejarah sebagai ilmu ialah suatu ilmu disiplin cabang pengetahuan tentang masa lalu, yang berusaha menentukan dan mewariskan pengetahuan mengenai masa lalu suatu masyarakat tertentu. Sejarah selain mempunyai objek, metode juga mempunyai pokok persoalan serta pengertian tersendiri. Sejarah sebagai ilmu adalah susunan pengetahuan dalam suatu sistem tertentu (a body knowledge) yang disusun menurut sistem metode khusus, dengan tujuan untuk memperoleh kebenaran tentang sesuatu. Karena yang menentukan sesuatu pengetahuan itu ilmu atau bukan ilmu, ialah terletak pada metode ilmiah yang dipergunakan untuk mencari kebenaran atau cara untuk mendekatinya sehingga sampai pada suatu kebenaran. Seperti yang dikemukakan oleh K. Pearson, bahwa: “The field of science is unlimited, its materials is endless. The unity of science consists alone in its method, not in its materials.” (Lapangan yang diteliti oleh ilmu tidak terbatas, bahan-bahan yang diteliti adalah juga tidak ada habis-habisnya. Kesatuan ilmu hanya berkat metodenya, bukan mengenai bahan-bahan yang diselidikinya).

BACA JUGA: Pengertian Sejarah menurut Para Ahli

Secara umum, ada 5 karakteristik sejarah sebagai cabang sains. Lima karakteristik sejarah seperti ilmu pengetahuan di antara mereka bersifat empiris, memiliki objek, memiliki teori, memiliki metode dan generalisasi atau kesimpulan. Di bawah ini kami akan menjelaskan karakteristik sejarah sebagai sains dan penjelasan lengkap dan diskusi.

1. Bersifat Empiris

Ciri sejarah sebagai acara pertama bersifat empiris. Itu berarti sejarah tergantung pada pengalaman manusia. Pengalaman dicatat dalam dokumen dan peninggalan sejarah lainnya, kemudian diperiksa oleh sebuah sejarah untuk menemukan fakta-fakta yang terjadi di masa lalu.

2. Memiliki objek

Sebagai ilmu, sejarah punya objek. Objek sejarah misalnya adalah waktu dalam kehidupan manusia. Sudut pandang waktu digunakan sebagai objek dalam proses belajar sejarah. Manusia dan masyarakat yang berperan penting dalam terjadinya suatu peristiwa atau sejarah.

3. Mempunyai Teori

Ilmu sejarah juga memiliki teori. Seperti cabang sains lainnya, teori juga digunakan dalam pembelajaran sejarah. Aturan utama dan teori sejarah digunakan untuk mendukung sebuah argumen untuk kejadian historis yang telah terjadi.

4. Mempunyai Metode

Ciri-ciri ilmu sejarah sebagai ilmu pengetahuan berikutnya adalah metode observasi. Metode observasi adalah metodologi dan sarana yang digunakan untuk mengamati sejarah. Dalam rangka penelitian, sejarah memiliki metodologi penelitian tersendiri yang merupakan standar tradisi ilmiah yang selalu dijalani.

5. Dapat Digeneralisasikan

Sejarah juga bisa digeneralisasikan. Artinya berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bisa ditarik kesimpulan umum untuk menggambarkan peristiwa sejarah yang telah terjadi. Pastinya kesimpulan dan generalisasi ini menentukan teori, metode dan objek berdakusi penelitian historis yang telah dilakukan.

BACA JUGA: Pengertian Sejarah menurut Bahasa

Demikianlah Ciri Ciri Sejarah sebagai Ilmu, semoga apa yang dijelaskan di atas bisa dapat mudah dipahami dan juga tentunya bermanfaat bagi teman-teman sekalian yang membaca. Apabila ada kesalahan, silahkan tulis kritik dan sarannya melalui kolom komentar di bawah agar bisa saya perbaiki. Hal tersebut dimaksudkan agar apa yang disampaikan di blog ini benar-benar benar. Terima kasih..

5 Ciri Ciri Sejarah Sebagai Ilmu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aleesya Fathoni

0 komentar:

Posting Komentar